Senin, 15 Februari 2010

Kebuayaan asli daerah ku ?

Saya berasal dari jawa barat,maka saya ingin menceritakan kebudayaan apa saja yang ada di jawa barat,walaupun saya tidak terlalu banyak tentang kebudayaan di daerah saya.Jawa barat termasuk propinsi yang sebagian besar orangnya ahli berbahasa sunda,walaupun bahasa sunda ada 2 macam yaitu yang halus dan kasar,maka dari itu jawa barat disebut kota parahyangan,walaupun kota parayangan identik dengan kota kembang yaitu kota bandung.Di jawa barat juga mempunyai berbagai macam budaya yaitu budaya dari seni tari.seni Tari dari jawa barat yaitu tari jaipong,yang di iringi musik dengan alat musik tradisional utamanya gendang,dan penyanyinya disebut sinden,serta para penarinya disebut ronggeng ataujuga sinden.


selain itu juga dari alat musik jawa barat yang sudah terkenal juga di sebut angklung yang terbuat dari bambudan cara memainkannya di goyangkan ke kiri atau ke kanan,tetapitidak asal di goyang harus punya aturan tertentu agar terdengar bermelodi.


Dan kebudayaan terakhir dari jawa barat adalan kebudayaan seni dari lagu atau musik.Jika bicara tentang lagu,lagu bubuy bulan sudah tidak asing lagi terdengar,sudah pasti berasal dari jawa barat.Tidak hanya itu tetapi masih banyak lagi seperti mojang priangan,tokecang dan lain - lain.


ternyata masih ada lagi kebudayaan asli darah jawa barat yaitu wayang golek.Wayang golek terbuat dari kayu dan yang memainkannya di namakan dalang,wayang golek juga di iringi dengan musikasli sunda.Dalam wayang golek selalu menceritakan kejadian dahulu dan kejadian para dewa.Nama - nama dari wayang golek juga sangat unik - unik di antaranya,Arjuna,atikarna, dan ada juga peran yang lucu yang bernama Cepot dan gareng yang sudah tidak asing lagi terdengar.mungkin masih banyak lagi budaya di daerah saya,tapi mungkin saya tidak terlalu tahu.Itulah kebudayaan asli daerah jawa barat yang saya ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar