Selasa, 17 April 2012

tulisan pengertian multimedia

MULTIMEDIA

I. Pengertia Multimedia

Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi. Istilah multimedia berakar mula teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium di panggung sering kali disebut pertunjukan “multi-media”. Pertunjukan multi-media mencakup monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari show. Jika dipersempit dengan pengertian multimedia komputer maka multimedia diartikan sebagai sarana atau piranti komunikasi melalui lebih dari satu media komunikasi yang berbasis komputer untuk menyampaikan informasi. Yang dalam hal ini kecenderungan komputer sebagai media pengontrol terhadap media lainnya. Dari pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah sarana atau piranti komunikasi melalui lebih dari satu media komunikasi untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan komputer yang dalam penyampainnya berupa teks, audio grafik, animasi dan video.
Teknologi Informasi dan adalah itu sendiri adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data untuk menghasilkan informasi.

Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :

• Bidang Pendidikan

• Bidang Ekonomi

• Bidang Pemerintahan

v Manfaat Di Bidang Pendidikan

• E-Learning, berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).

• Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan

• E-Library, Perpustakaan Digital

• Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.

v Manfaat Di Bidang Ekonomi

• E-Banking, transaksi perbankan secara online.

• E-Commerce, perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

• Enterprice Resource Planning (ERP), aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

v Manfaat Dalam Bidang Pemerintahan

• E-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti:

1. G2C (Governmet to Citizen)

2. G2B (Government to Business)

3. G2G (Government to Government)

Undang-undang Mengenai Tekhologi Informasi UU ITE

UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK termuat pada pasal 27-37, sedangkan Ketentan Pidana pada pasal 45-52. Pidana dapat berupa pidana penjara dan atau denda.


Dampak Perkembangan Tekhnologi Informasi

Dampak Positif :

1. Lebih cepat, pertukaran informasi lebih cepat hanya dalam hitungan detik

2. Lebih efisien

3. Lebih luas sebarannya, dapat mencakup seluruh penjuru dunia

4. Lebih lama penyimpanannya, dapat disimpan dalam bentuk cd, flashdisk atau hardisk. Dan tidak menghabiskan tempat

5. Hemat biaya, mengurangi penggunaan kertas dan jasa pengiriman dokumen

Dampak Negatif :

1. Kesempatan Kerja Makin Sempit

2. Berubahnya pola industrialisasi dunia

3. Tekanan-tekanan ekonomi dari negara maju

4. Penyalahgunaan seperti pornografi, pembajakan, atau perju

II. Struktur Sistem Informasi Multimedia

Struktur Sistem Informasi Multimedia merupakan bagian yang sangat penting dari keseluruhan pembuatan aplikasi Multimedia. Struktur ini berguna untuk memvisualisasikan seluruh relasional dan apliksai yang sedang dibangun. Struktur ini menjelaskan organisasi file dari Macromedia sebagai perangkat lunak utama, grafik dan sumber daya lain, sehingga tidak hanya memudahkan dalam menemukan file tertentu, tetapi juga memudahkan untuk melakukan revisi pada tiap komponen dalam aplikasi Multimedia ketika dibutuhkan. Ada empat struktur Sistem Informasi Multimedia menurut Laura Lemay[2] di mana masing-masing struktur memiliki tujuan dan kegunaan yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar