Sabtu, 21 November 2009

kesadaran Lingkungan daLam pembangunan

Lingkungan baGi hidup kita sangat penting,apalagi menyangkut masalah pembangunan sangat berpengaruh bagi semua.tetapi dalam pembangunan tersebut jarang sekali yang mengerti akan keadaan lingkungan yang semakin lama semakin rusak akibat ulah pembangunan yang tidak bertanggumg jawab.

tetapi walaupun begitu lingkungan tetap mengerti akan pembangunan di bangsa ini,karena berkat Lingkungan pula aset - aset pembangunan pun banyak yang berjalan dengan lancar dan memperindah pembangunan tersebut.berkat lingkunga yang terawat juga pembangunan mengaragh kearah yang lebih baik.

Paradigma pembangunan berkelanjutan (sustainable development) mendudukkan Sumber daya Alam (natural resources) pada ordinat yang harus dijaga kelestariannya secara dinamis karena menyangkut fungsinya yang vital sebagai modal pembangunan (capital development) dan pilar utama dalam menopang sistem kehidupan. Sumberdaya alam meliputi hutan, perairan, dan pertambangan serta segala yang terkandung didalamnya merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia yang dalam pemanfaatannya harus bijak dan tanpa mengurangi prospek generasi-generasi mendatang. Oleh karena itu, manusia sebagai mahluk yang terlibat, menjadi subjek sekaligus objek dalam setiap tahapan pembangunan, mengambil manfaat, merencanakan dan menciptakan diri secara aktif dalam pelestarian sumberdaya alam.
Pembangunan pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture development) menurut Technical Advisory Committee of the CGIAR (TAC/ CGIAR, 1988) adalah pengelolaaan sumberdaya yang berhasil untuk usaha pertanian guna membantu kebutuhan manusia yang berubah sekaligus mempertahankan dan meningkatkan kualitas lingkungan pertanian. Olehnya, daya dukungan sumberdaya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) berupa materi plasma nutfah tanaman (germplasm) menjadi sangat vital dalam menunjang pembangunan pertanian berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar